Senin, 30 Mei 2011

elemen siklus pemrosesan informasi

Seperti kita ketahui bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak terlepas dari data dan informasi. Tetapi apakah kita tahu apakah yang dimaksud dengan data? Apakah yang dimaksud dengan informasi? Apakah ada keterkaitan antara data dan informasi? Apakah yang akan dihasilkan jika keduanya digabung menjadi satu? 


Teknologi yang berkembang saat ini memerlukan suatu kinerja kerja yang benar-benar sempurna, apalagi jika didukung oleh teknologi yang serba canggih. Dengan kecanggihan teknologi yang telah ada maka dapat disimpulkan bahwa data yang dapat diolah akan lebih besar dan akan lebih cepat dalam perolehan hasilnya, sehingga penyelesaian kerja akan lebih efektif dan efisien.

Data adalah suatu kumpulan kejadian-kejadian yang ditulis dari suatu keadaan nyata yang terjadi di lapangan. Pengertian di atas menunjukkan bahwa setiap kejadianyang kita alami merupakan data yang nyata. Edit Text

Data dikelompokkan dalam dua macam jenis, yaitu:
1. Data Valid adalah data yang benar apa adanya.
2. Data Invalid adalah data yang tidak benar.

Sekumpulan data yang terangkum menjadi satu dapat menghasilkan suatu informasi .yang akurat. Informasi yang kita dapatkan selama ini baik melalui media cetak, media elektronik maupun internet adalah sekumpulan data yang dirangkum menjadi satu, sehingga tidak jarang ditemukan bahwa informasi yang disajikan hampir sama semua.

Dua komponen data dan informasi mempunyai keterkaitan yang sangat erat antara satu dengan lainnya. Tidak mungkin ada informasi tapi tidak ada data, sebaliknya data tanpa informasi akan terasa hampa. Sebuah informasi akan akurat jika didukung oleh data yang valid. Belakangan ini informasi menjadi sangat penting, setiap orang dapat mencari informasi tentang apapun di dunia ini hanya dengan mengklikkan mouse saja. Tetapi banyak pihak yang mencoba memberikan informasi yang menyesatkan. Pornografi adalah salah satu dampak dari perkembangan teknologi informasi yang disalah gunakan. Dengan demikian informasi akan lebih bermanfaat jika disampaikan untuk tujuan-tujuan yang benar.

Standar Kompentensi
Menggambarkan Siklus Proses Informasi

Seperti dijelaskan pada bahasan sebelumnya, bahwa data dan informasi adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan karena di antara keduanya memiliki keterkaitan yang saling berhubungan. Hal tersebut dapat digambarkan pada siklus informasi di bawah ini:
ipo.jpg
Dari siklus di atas dapat disimpulkan bahwa data yang dimasukkan (input) untuk kemudian diproses nantinya menghasilkan suatu keluaran (output) berupa informasi. Jika dicermati lebih dalam lagi, tanpa disadari setiap hari bahkan mungkin setiap detik kita melakukan siklus informasi. Siklus informasi yang lebih lengkap digam¬barkan sebagai berikut:
data.jpg
Gambar di atas dapat diartikan bahwa data yang telah diinput dengan alat bantu seperti Keyboard, Scanner, dan lain-lain. Untuk kemudian dilakukan proses.
Pengolahan data yang dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU) sehingga nanti akan menghasilkan suatu Output berupa informasi, berupa kertas (Printer), file (Monitor) yang cepat dan aktual.

B. IDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS DALAM TEKNOLOGI INFORMASI

Standar Kompentensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Mengidentfikasi perangkat keras yang digunakan beserta fungsinya
Menunjukkan perangkat keras dalam sistem operasi.
-

Perangkat keras adalah sekumpulan alat-alat elektronik yang mendukung sistem komputer. Perangkat keras secara umum dapat diraba atau dilihat secara kasat mata. Termasuk dalam perangkat keras dalam komputer antara lain : monitor, pemroses data, keyboard, mouse dan printer.

Fungsi perangkat keras komputer ada 5 macam yaitu :
(Silahkan klik masing-masing contoh yang digaris-bawahi)

No
Jenis
Fungsi
Contoh
a
Input device
(unit masukan)
Unit ini berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer
b
Process device
(unit pemrosesan)
Unit ini berfungsi untuk memproses data yang diinput ke dalam komputer
RAM
ROM
c
Output device
(unit keluaran)
Unit ini berfungsi untuk menampilkan data yang diproses oleh komputer.
Monitor
Printer
Speaker
d
Memory
(unit penyimpanan)
Unit berfungsi untuk menyimpan data, baik data yang telah diproses maupun data yang belum diproses oleh komputer.
Hardisk
Flopy Disk
CD
e
Periferal
(unit tambahan)
Unit ini merupakan unit tambahan yang berfungsi untuk memberikan tambahan kegunaan komputer.
Modem
Kartu Suara
TV Tuner
Radio Tuner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar